Selasa, 03 November 2015

001 Mengenal ATmega8

Mikrokontroler berasal dari 2 kata mikro(sangat kecil) dan kontroler(pengendali), jadi bisa diartika suatu pengendali yang berukuran kecil. Ada berbagai macam jenis mikrokontroler dari berbagai pabrikan. Kali ini saya akan membahas miktokontroler ATmega8 dari ATMEL.
kenapa ATmega8 ... ?
1. stok cukup banyak dipasaran
2. harga murah
3. mudah digunakan (mudah disolder)
4. kemampuan ATmega8 dirasa sudah cukup untuk belajar

Dimulai dari bentuk fisik

gambar.1 Ukuran IC 3,4 x 0.7 Cm

Gambar2. ukuran IC 0.87 x 087 Cm
Gambar diatas adalah gambar IC ATmega8 hanya berbeda bentuk fisiknya saja. selain 2 bentuk fisik diatas masih ada 1 lagi bentuk fisik yg lebih kecil, tentu saja untuk menyoldernya lebih susah karena kecil maka dari itu untuk permulaan kita akan gunakan IC pada gambar 1.
ATMEGA8 mempunyai 28 kaki yg tergabi atas 3 kelompok PORT.

PORT B(PB0-PB7), C(PC0-PC6), dan D(PD0-PD7). Secara umum tiap PORT terdiri dari 8 kaki (8 bit) kecuali PORT C untuk atmega8 hanya terdapat 7 PORT itupun PORTC ke-7 yaitu PC6 biasanya digunakan sebagai reset.
Semua PORT bisa digunakan sebagai input (misalnya tombol) atau output (misal menyalakan LED). tiap PORT juga punya kemampuan kusus masing-masing, kemampuan kusus tersebut bisa dilihat tulisan didalam kurung diatas.
PROSES pemrograman ATMEGA8

secara sederhana pembuatan program dimulai dengan menulis program dengan sofware CVAVR, WIN AVR, BASCOM, AVR STUDIO dan masih banyak lagi, setelah selesai masukkan program yang telah dibuat dengan sofware sinaprog, kazama atau avrdude selain sofware juga dibutuhkan hardware untuk menyambungkan PC ke mikrokontroler yaitu dengan USB ISP, JTAG, dsb.

Dalam blog ini akan lebih sering membahas atmega8, kenapa? Jika sewaktu waktu program yg telah dibuat di atmega8 ingin berpindah ke ic lain seperti atmega16 atau 32 akan mudah dilakukan. Ic atmega8 dibanding atmega16/32 dari segi harware dan memori lebih kecil. Maka dari itu cukup melakukan beberapa setingan dan selesai.

Penulis: Dani Mardianto
Tahun: 2015
Judul: Berkenalan dengan ATMEGA8
Kota: Temanggung

Sumber: datasheet ATmega8

Next Update: pembahasan lebih banyak dan penambahan Video
Next Post: Tutorial CVAVR




Tidak ada komentar:

Posting Komentar