Minggu, 04 September 2016

Mengenal bagian VB6

Logo VB6



Biasanya dalam pelajaran komputer di SD atau SMP diajarkan menggunakan program(software) seperti Kalkulator, MsWord, Exel, Pain dan lain lain. Sekarang tidak melulu kita mempelajari untuk bagaimana menggunakan sofware tetapi juga kita bisa membuat software. Visual basic 6 (VB6) adalah software bisa digunakan untuk membuat program dan program yang dibuat tadi bisa di jalankan di windows. sebelum memulai membuat program pada VB6, terlebih dahulu kita berkenaalan tampilan yang ada pada VB6

mengenal bagian bagian VB6

Setelah membuka VB6, akan terlihat tampilan diatas. Terdapat beberapa pilihan, untuk saat ini gunakan Standart Exe untuk membuat program sederhana. kemudian klik open.

disinilah kita akan sering bekerja, halaman kosong untuk membuat program VB6. Diatara sekian banyak tombol, kotak atau tool yang telihat ada beberapa yang akan sering digunakan yaitu Form, Tool Box, Properties, tombol play dan tombol stop. mari kita bahasa satu persatu

Form
Form adalah bentuk dari program yang dibuat, misal akan membuat sebuah program kalkulator maka form harus dibuat seperti dibawah ini

untuk membuat program kalkulator seperti gambar diatas maka form harus di bentuk atau ditambahi dengan kotak huruf/angka, tombol angka 1-9, tombol samadengan (=), tombol (+) dan tombol negatif (-).

Tool Box
Tool box berisi peratalan seperti tombol, label huruf, text bok dan lain lain yang mana bisa ditambahkan ke dalam form. Dari Tool Box inilah tombol dan text box diambil untuk membuat form berbentuk kalkulator

Properties
Setiap hal yang ditambahkan ke dalam form memiliki properties sendiri-sendiri. properties ini seperti identitas diri seperti: name(nama), BackColor(warna), Caption(tulisan judul atau sebagainya), dan lain lain.

Perhatikan tulisan Form1, setelah caption pada kotak propetries diganti dengan tulisan Kalkulator(cara menggantinya hapus tulisan Form1 kemudian ketik kalkulator menggunakan keyboard). Tulisan Form1 berubah menjadi Kalkulator.

Tombol Start dan End
Kedua tombol ini sudah cukup umum dikenal. Start untuk menjalankan atau mencoba program yang telah dibuat, End untuk berhenti mencoba program.

Code View dan Object View
Code View, ketika tombol ini di klik akan muncul kotak tambahan. Kotak ini adalah tempat dimana kita menuliskan program.
Object View, ketika tombol ini klik akan muncul kotak editing bentuk form.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar